Breaking News

Definition List

Flickr Images

Wednesday, March 25, 2015

Manfaat Blogwalking Bukan Sekadar Backlink

Manfaat Blogwalking
BLOGWALKING adalah aktivitas blogger untuk "jalan-jalan" (walk) ke blog lain. Arti praktisnya, blogwalking yaitu membuka atau mengunjungi blog orang lain.

Kebanyakan motif blogwalking adalah untuk mendapatkan backlink. Namun, manfaat mengunjungi blog lain bukan sekadar backlink atau promosi blog, apalagi backlink mulai diabaikan Google.

Lebih dari itu, blogwalking terutama bertujuan membangun reputasi di kalangan sesama blogger. 

Motif terbaik blogwalking adalah "berbagi" tips atau wawasan seputar topik yang dibahas dalam suatu posting. 

Dengan menuliskan komentar yang relevan dengan tema saat blogwalking, memberikan tambahan atau bahkan koreksi,  maka Anda tengah membangun reputasi di kalangan blogger lain, minimal admin blog yang dikomentari. 

Komentar yang baik, berisi, tidak sekadar "nice info gan, bermanfaat sekali", akan membuat admin blog dan blogger lain "penasaran" bahkan "kagum". Nah, rasa penasaran itu akan membuat blogger lain membuka profil Google Plus atau link blog Anda (jika menggunakan Open ID atau Name/URL) alias mengunjungi blog Anda.

Intinya, komentar yang "bukan basa-basi", komentar berkualitas, akan membuat admin blog dan blogger lain mengunjungi blog kita.

Selain itu, blogwalking juga bermanfaat untuk "mencari ide". Banyak membaca dengan cara blogwalking dan mengikuti perkembangan isu aktual akan menjadi "sumber inspirasi" dalam mengupdate blog kita. 

Jelas, manfaat blogwalking bukan sekadar membangun backlik, apalagi backlink sudah mulai diabaikan oleh Google karena banyaknya blogger yang melakukan "spam activity" dengan menyertakan live link atau alamat blog dalam isi komentarnya.

Pantangan utama dalam blogwalking adalah menulis komentar yang buruk, terkesan basa-basi, mencantumkan alamat blog dalam isi komentar, dan minta kunjungan balik! Minta kunbal dalam komentar terkesan "mengemis" atau "merengek". Padahal, tanpa diminta pun, umumnya admin blog akan mengunjungi blog yang berkomentar di blognya.

Aktivitas blogwalking & komentar di blog lain juga akan mendorong para blogger menghindari Copy Paste dan Menghapus Credit Link --dua dari sekian pantangan blogging. 

Blogger tukang Copas dan suka menghapus credit link desainer templatenya akan menghindari nulis komentar --takut ketauan dong! Ya gak? Copas tidak dilarang, selama mencatumkan link sumber. Wasalam. (http://contohblognih.blogspot.com).*

No comments:

Post a Comment

Designed By